• 21

    Jul

    Lebaran ini

    Lebaran sudah berlalu, harusnya ini jadi moment penting untuk saling memaafkan dan menghilangkan rasa benci. lebaran untuk meleburkan rasa sakit, kecewa, benci menjadi ringan dengan saling berjabat tangan dan ucapan kata maaf. Tapi meskipun lebaran sudah terlewati hampir 18 kali, tetap saja tak mengubah apapun, masih saja menyimpan rasa benci dan kecewa. Apalagi tiap kali harus melihat kenyataan bahwa semua memang sudah terjadi dan tak mungkin lagi kita untuk saling memperbaikinya. Itu semakin membuat ak tersiksa, dan  aku hampir kelelahan dalam benci ini. Sempat melihatnya, meskipun itu tak sengaja, tetap saja itu menyakitkan. Ini tentang sang mantan waktu masih sekolah dulu,...
  • 28

    Jun

    ibu bangga nak

    Rasanya bagai pecah bisul, setelah berhari2 mempersiapkan acara perpisahan sekolah, antara deg-deg’n dan rasa cemas berbaur menjadi satu. Dua tahun menungguinya sekolah dari jam 07.00 – 10.00, kadang saat lagi ngga mood harus perlu perjuangan ekstra untuk merayu agar mau masuk kelas tanpa harus menunggunya di dalam. Jika hari ini harus pentas di atas panggung dan dilihat ratusan pasang mata, itu memerlukan perjuangan khusus agar semua bisa lancar dan tanpa air mata. Dan hari ini tiba waktunya, anakku sukses mentas bersama teman-temannya dan sukses membuat air mata ini mengalir. Rasanya baru kemarin aku melahirkan dan selesai merapikan baju bayi dan popoknya, tapi hari ini kulihat tawa dan wajah cerah sambil menyanyikan tiga lagu di atas panggung. It’s a big surprise. I l
  • 26

    Sep

    Aku sudah salah pilih

    baru tadi malam aku tertarik mengikuti sebuah sidang paripurna d DPR, itupun karena tidak sengaja, begitu nyalain TV yg keluar acara tersebut, jadi mau tidak mau kulihat sampai selesai. miris, yang kulihat bukan sekumpulan orang yang sedang berjuang untuk kepentingan rakyat, tapi sekumpulan orang yang sedang berjuang untuk kepentingan masing-masing. seakan lupa siapa yang sudah mengantarkan ke gedung yang terhormat itu. padahal sebelumnya aku berharap disana akan kutemui wajah-wajah bijaksana yang dengan penuh tanggung jawab dan kekeluargaan membicarakan dan mencari jalan keluar sebuah masalah. seharusnya setelah menjadi dewan yang terhormat bisa membawa amanat rakyat, bukan membawa kepentingan d atas amanat rakyat. aku tak akan bisa mejawab jika anakku kini sudah besar dan bertanya, apa
  • 5

    Jul

    inspirasi pagi

    mencoba kembali pada fitrahnya, itu memang yang harus d lakukan. kembali pada kodrat dg segala kewajiban yg harus d jalani. mencoba untuk bersyukur meski itu sulit, karena keadaan yang sama skali tidak berpihak. mencoba menilik kembali kebelakang, sejak lima tahun yang lalu tidak ada yg berubah. masih terjaga, dan hanya sesekali mencoba untuk tau diri, berdamai dengan hati, tapi semua mentah lagi, sesaat setelah hadir lg dlm mimpi, sedikit komunikasi. dan itu membuat hati tak mampu lg bertahan. dan pagi ini harus tertatih lagi, memulai semua dari awal, melupakan, merelakan, dan menerima bahwa sudah tidak ada lg ruang untuk kita. berusaha menjadi dewasa, dan legowo mengembalikan semua pada keadaan yang sebelumnya. secangkir inspirasi di pagi hari, tetap menjadi bintang di langit, karena
  • 25

    Mar

    Tentang Keseimbangan..

    Lahir, hidup, jodoh dan mati, itu bagaikan misteri yang tiada pernah dapat dipecahkan. Katanya setiap manusia sudah ditakdirkan untuk berpasang-pasangan, seingatku itu nasehat terakhir ketika bertemu dengan kawan lama yang tak jua menikah, atau tenang lah kalo jodoh takkan lari kemana, saat ini jodohmu lagi tersesat di cinta orang lain, suatu saat dia akan menemukan jalan menuju cintamu, lagi-lagi itu kata-kata pelipur lara bagi para jomblowers. kalo sudah mentok dengan segala tetek mbengek nasehat ujung-ujungnya ga usah dipikirin jodoh ada ditangan Tuhan, ga usah dicari-cari. Tapi menurutku kalo jodoh ditangan Tuhan, dan kita diem saja pasti jodoh akan selalu ditangan Tuhan terus. :) dan satu lagi pertanyaannya, jika memaksakan diri berjodoh dengan orang yang sudah terikat dengan orang l
  • 21

    Mar

    Selamat Datang Pemilu 2014

    Sebentar lagi negara kita ini mempunyai hajat besar, tanggal 9 april 2014 nanti kita akan melaksanakan PEMILU. Jika menilik untung tidaknya kita secara langsung memang bisa dikatakan hampir tidak ada untungnya terutama untuk saya pribadi, jika saya hanya seorang ibu rumah tangga, sudah pasti tidak ada sangkut pautnya siapapun yg akan menjadi caleg, atau capres sekalipun . Dan ketika beliau-beliau yang akan terpilih saya yakin saya tidak akan tau apa yg sudah beliau perjuangkan untuk kami-kami ini. Tapi meskipun begitu, dari dulu, dr pertama kali saya mendapatkan hak pilih saya, ayah selalu berpesan, jadilah warga negara yang baik, apapun yang akan terjadi nanti yang penting kita sudah berusaha untuk yang terbaik, dengan menggunakan hak pilih kita sebaik-baiknya tanpa mengganggu orang lain,
  • 18

    Mar

    Buanglah Sampah Pada Tempatnya

    Perduli lingkungan tak hanya cukup gembar gembor, atau pasang iklan besar-besar di jalan-jalan protokol, semua bisa dimulai dengan cara yang sederhana saja, dan bisa dilakukan setiap orang di negeri ini. Simple, dimulai dari diri sendiri, dari rumah sendiri dan lingkungan sendiri. Kita ambil satu contoh yang menjadi masalah besar bagi negeri ini, masalah sampah dan limbah rumah tangga. Jika setiap individu sadar bahwa membuang sampah haruslah pada tempatnya, b...
  • 8

    Dec

    terlambat

    restu orang tua itu ibarat anak kunci yang akan membuka gembok, apapun itu pintunya. tanpa restu orang tua ibarat jalan dikegelapan tanpa sinar di sekitarnya. bisa kebayang gimana rasanya kan? berasa ada saja hal-hal yang menyulitkan, berasa tak pernah ada akhir ujian hidup. dari satu hal pindah ke hal yang lain. mustinya memohon restu itu tak boleh terlambat, intinya sebelum memulai suatu perjalanan jangan abaikan restu orang tua, jika mohon restu ketika semua sudah terlanjur berjalan itu bencana besar. jangan harap semua akan berjalan lancar meski hal sekecil apapun. jika semua terlanjur terjadi hanya ada dua pilihan antara terus berlanjut dan menghadapi semua cobaan yang tiada henti tanpa harus mengeluh, atau berhenti dan berlari dari semua masalah yang sulit untuk dipecahkan. hanya a
  • 17

    Nov

    kamikah orang tua impianmu nak ?

    hampir tengah malam baca email yg membuat aku menitikkan air mata, entah dari siapa tulisan ini terlahir, yang jelas mohon ijin share. rasanya ingin memeluk anak lelakiku dan tak ingin kulepas lagi. maafin ibumu ini yang masih banyak kekurangan. i love you so much.. Buat renungan orang tua… ;) 1. Ibu/Ayah, jgn risau apa yg belum bisa kulakukan, lihatlah apa yg sudah bisa kulakukan, lihatlah lebih banyak kelebihanku…… 2. Ibu/Ayah aku memang belum bisa berhitung, tapi lihatlah aku bisa beryanyi & selalu tersenyum ceria.. 3. Ibu/Ayah, jgn keluhkan aku tidak bisa diam,lihatlah energiku ini,bukankah klo aku jd pemimpin aku butuh energi sebesar ini 4. Ibu/Ayah, jgn kau bandingkan aku dgn anak lain, lihatlah aku tidak pernah membandingkanmu dengan ortu lain 5. Ibu
  • 4

    Nov

    jika menikah hanya sebuah formalitas

    judulnya serem, hanya ingin sedikit memberi gambaran tentang warna warni dunia ini. meski sepagi ini sudah memaksakan diri untuk membahas hal yang tidak bs dibilang main main. bisa kebayang kan gimana jadinya jika sebuah ikrar suci yang dinamakan pernikahan tak lagi menjadi suci karena sudah ternoda oleh beberapa hal . kata temenku menikah itu ibadah, iya ibadah jika dari situ mendapatkan rasa nyaman, aman dan tenang. jika tidak, itu neraka dunia namanya. karena hanya cukup kata sah dan amin setelahnya boleh melakukan apa saja itu bencana gimna jika pernikahan hanya untuk menutupi bahwa kita memang sdh ckp sempurna mempunyai pasangan dan kluarga kecil, atau hanya utk keren kerenan ketika ketemu teman lama d sebuah reuni, minimal sdh punya gandengan utk d kenalkan sebagai tanda bahwa sudah
  • 19

    Oct

    PLN di masalalu dan PLN di masakini

    Dengar kata PLN, dari pengurusan pasang listrik, sampai tentang lowongan PLN, semua bikin merinding dan males mendengar. Endingnya pasti sama, kalo ngga kenal sama orang dalam pasti urusan jadi belibet, apalagi lowongan, pertanyaanya standar kalo ngga siapa yg bawa ya berapa duit. Rasanya itu sudah menjadi gambaran setiap kali mendengar kata PLN. Ngga bisa dipungkiri memang, siapa yang tak ingin kerja di perusahaan pemerintah dengan gaji yang sudah pasti dengan nominal yang besar, apa saja bis...
  • 6

    Oct

    tak mudah jadi ibu yang baik

    jika aku mampu, aku ingin memulai tulisanku dengan menggambarkan isi hatiku yang rasanya sudah remuk redam. semua dimulai dari mimpiku bisa berkunjung ke candi cetho yang beradadilereng gunung lawu. setelah melewati waktu yang panjang hari ini semua bisa terwujud. singkat kata akhirnya aku sampai di lereng gunung lawu,dan semua kejadian berawal disini. ini keceriaan yang muncul pertama kali diwajah anak lelakiku ketika sampai di candi, aku mengerti anakku lebih menyukai alam ketimbang gemerlapnya mall yang membuatnya cepat bosan. menapaki tangga tanpa mau aku gendong, hingga atas meski kecapekan aku lihat dia begitu bersemangat.
  • 19

    Sep

    hampir jadi super mom

    sebenarnya lagi ga ada ide buat nulis, berasa banyak hal yang ingin diungkapkan tapi ga tau harus mulai darimana, semua berasa mengambang. harusnya simple saja, menulis tak perlu memikirkan apa yang akan di tulis, ngalir aja, kayak orang bernafas. tapi ga keren jika semua ga akan bisa dinikmati sebagai tulisan yang dapat memberikan inspirasi pada orang lain. meskipun yang aku ungkapin disini saat ini tak memberikan inspirasi apapun setidaknya orang akan tau bagaimana aku mengatasi satu bentuk kejenuhan menjadi satu cerita. sebenarnya hanya ingin bercerita bagaimana hari ini aku melewati hari yang teramat sangat melelahkan dalam kontek sebagai seorang ibu. jika hanya dibayangkan jelas sulit untuk digambarkan, tapi jika dilalui semua lewat begitu saja. dijalani dan semua terasa ringan, dimu
  • 2

    Sep

    sebait doa tulus untuk sang mantan

    Saat selesai dipilih sebagai jalan terakhir untuk menyelesaikan segala pertikaian, atau menyakiti satu pihak untuk mengakhiri sebuah kebersamaan hasilnya pasti sama, menyimpan rasa dendam yang teramat mendalam. padahal kalo dipikir semua akan menjadi sederhana ketika kedua belah pihak bisa menerima dengan tulus iklas bahwa memang hanya itu jalan yang terbaik, dan mulai membuka kembali lembaran hidup masing-masing yang selama ini dianggap sudah tidak bisa sejalan lagi. move on, ketemu orang baru, memulai hidup baru, dan lupakan masa lalu. tapi sungguh semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan atau semudah aku menul...
  • 26

    Aug

    perempuan dalam kekerasan

    tema seharian ini adalah tentang perempuan dan kekerasan, semua orang tau antara perempuan dan kekerasan hanya berjarak sehelai benang , rasanya banyak sekali alasan bagi kaum laki-laki untuk melakukan kekerasan sama perempuan dari hal yang paling kecil hingga yg merenggut nyawa, dan ironisnya pelaku kekerasan adalah orang terdekat . hal yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah kekerasan suami pada sang istri atau bahasa kerenya KDRT. tapi menurutku itu bukan sebutan keren tapi lebih pada sifat banci yang melekat pada jiwa sang lelaki yg hanya mampu menyelesaikan masalah dengan kekerasan. dan sayangnya sifat kasar tak pernah bisa hilang dan akan selalu berulang entah kapan, dan dengan alasan atau bahkan tanpa alasan sekalipun. terlebih jika sifat kasar terlahir dari sejak jabang boc
  • 14

    Aug

    tau diri

    13 agst 2013 singkat, sederhana dan luar biasa, hanya ucapan g penting membawa rentetan panjang yg tak berujung lagi, intinya semua kembali keawal , dan itu melelahkan. menyita seluruh waktu dan pemikiran. bisa kebayang jika jam 12 malam dengerin lagu ini, berasa terlahir jadi abg lagi, hehehe dan untuk kembali tau diri itu berasa melihat punggung sendiri melalui cermin, sulit.
  • 30

    Jul

    jika perasaan itu sesederhana rumus matematika

    ini tentang obrolan di pagi hari bareng temen lama, tentang kerumitan perasaan yang amat sangat sulit untuk dijabarkan bahkan untuk dilukiskan ataupun diceritakan, dia menggambarkannya dengan angka 1+1=2, selalu itu meskipun pada satu saat hasilnya tak selalu 2, tapi dia selalu beranggapan hasilnya harus 2, karena itu akan menjadi sebuah pegangan. intinya serumit apapun masalah matematika akan selalu punya penyelesaian yang bisa dirumuskan dan bisa dijelaskan penjabarannya. kemudian dia menceritakan bagaimana perjuangannya untuk menyelesaikan persoalan perasaan yang pernah menghampirinya beberapa waktu yang lalu, baginya apa yang pernah ia sayang akan tetap ia say...
  • 24

    Jul

    temen makan temen itu g keren

    ini tentang teman yang sebisa dan sedapat mungkin dihindari dan tak perlu didekati lagi, berteman sejak duduk dibangku SMA, banyak hal yang g enak dan g seharusnya dilakuin sebagai seorang temen apalagi teman dekat. di depan sikapnya manis dan seolah tak pernah ada masalah, tapi diluar itu ternyata banyak hal yang membuat aku tak habis pikir. dari menggagalkan orang-orang yang notabene naksir berat sama aku, hingga lapor ke pembina pramuka waktu ada camping tentang hal-hal yang g bener, hingga aku kena sangsi. dan yang terparah adalah ternyata dibelakang aku dia nembak pacar aku, yang kini resmi menjadi mantan, maksudnya aku juga g lanjut sama dia. hampir 10 tahun berlalu, bertemu lagi, aku pkir sekarang sudah berubah dan aku selalu berusaha untuk melupakan dan memaafkan apa yang pernah d
  • 23

    Jul

    jika kelak anakku dewasa

    Ne hanya sebagian kecil dari harapan seorang ibu untuk anak lelakinya, tetaplah menjadi pribadi yg sederhana, yg mampu berdiri dimanapun km berada, mjd org yg selalu d nanti untuk setiap hadirmu. Menghormati setiap wanita selayaknya menghormati ibumu, takkan membuat harga dirimu terjatuh, karena setiap wanita kelak akan menjadi seorang ibu, yg selalu berdoa untuk yg terbaik bagi anaknya.. Menghargai wanita tak kan membuat dirimu menjadi rendah, karena setiap wanita d ciptakan dengan istimewa, dia d takdirkan...
  • 17

    Jul

    sahur dengan nasi setengah matang

    Sebagai mualaf, puasa ramadhan menjadi pengalaman baru yang tak akan terlupakan, kalau berbuka puasa masih bisa dikatakan wajar, karena jam makannya normal makan malam, tapi ketika makan pas sahur, itu menjadi tantangan tersendiri, bangun dipagi yang masih benar-benar buta, dan perut yang kadang masih susah untuk beradaptasi menjadikan tantangan tersendiri untukku. Antara kantuk dan kewajiban yang harus dilakukan kadang menjadi perdebatan batin yang memang harus dikalahkan agar puasa terasa afdol. Hemmh.. dan pengalaman sahur pertama yang tak akan terlupakan, ketika masih di kos-kosan waktu masih kuliah dulu, bangun agak telat, jam 03;30 dan ternyata nasi sudah habis, ngantri di warung terdekat hanya tersisa sayur dan lauk sekedarnya tanpa nasi, lengkap deh rasanya. Terpaksa buru-buru pul
  • 28

    Jun

    sederhana itu nyaman

    hanya ingin berbagi tentang sedikit pengalamanku kerja di pabrik, maaf sebelumnya bukan maksud aku ingin merendahkan atau yang lain, hanya mengekspresikan keterkejutanku, tentang dunia mereka yang sekarang ikut menjadi duniaku. hari ini tepat 30 hari aku bekerja di sebuah pabrik garment, yang lumayan besar. agak sedikit terperangah dan mengernyitkan dahi. rata-rata karyawan disini baru lulus SMA paling lama 5 tahun yang lalu, tapi 99% sudah menikah dan mempunyai anak yang sudah lumayan besar untuk ukuran usia mereka. lucunya, dengan wajah tanpa dosa mereka bertanya, kenapa dengan usiaku yang sudah segini tapi anakku baru umur dua tahun? jlebb… itu kan amat sangat pribadi, haduh… saking salting dengan pertanyaan yg kalo diduniaku tdk perlu dipertanyakan, aku hanya tersenyum sam
  • 13

    May

    kejujuran terakhir

    dan seperti jiwa yang kotor, dalam tiap tutur dan langkah selalu terbungkus kebohongan, rupanya inilah yang harus dibayar jika semua dimulai dengan ketidak jujuran. terjebak dalam sekali kebohongan akan melahirkan kebohongan-kebohongan yang baru, akan selalu begitu dan terus begitu hingga satu saat punya keberanian untuk mengungkap kebenaran yang sesungguhnya. bukan perkara yang mudah mengakhiri sebuah kebohongan hanya dengan bilang maaf aku tlah berbohong selama ini. rasanya tak adil bagi semua, tapi kata hati tak pernah bohong, itulah kenyataannya. tapi tak banyak yang tau tentang kejujuran sebuah hati selain Tuhan dan si empunya hati. inilah tragedinya, membungkus kejujuran sungguh menyakitkan dan menyiksa, membutuhkan energi lebih agar kejujuran itu tak bocor keluar karena itu jelas ak
  • 22

    Mar

    karena menikah itu tak sederhana

    Anggapan orang, menikah itu masalah yang mudah, sederhana dan semua orang mampu melakukan dan wajib dilakukan. Dan ternyata menikah itu tak sederhana, jika anggapan semula menikah hanya urusan antara dua orang yang mengucapkan janji dan kemudian dibilang sah dan bebas melakukan apapun karena tak takut sama kamtib, itu keliru. Menikah itu complicated, masalah sederhana menjadi tak sederhana dan masalah tak sederhana menjadi rumit. Menikah itu tak hanya urusan dua orang, tapi melibatkan banyak pihak, keluarga besar yang dalam kelanjutanya d...
  • 14

    Mar

    bawang yang selalu membuat mata menangis

    pagi-pagi buta ibu-ibu sekomplek heboh gara-gara bawang menghilang dari peredaran dan kalaupun ada harganya melebihi harga emas, sibuk memutar otak bumbu apa yang pas yang bisa menggantikan kehadiran sang bawang. liat stok bawang didapur yang tinggal beberapa biji membuat hati kian miris, harus mengeluarkan uang lebih hanya untuk sekedar membeli bawang, sementara stok susu anak juga sudah menipis, gajian masih beberapa hari lagi. duh, bawang kenapa dirimu merubah semua rencana pembelanjaan rumah tangga kami? siapa yang harus bertanggung jawab atas semua ini? pak tani, ...
  • 4

    Mar

    Nikmatnya sekotak susu segar

    Sebagai penggemar susu kelas berat, sudah di pastikan aku pernah menikmati susu dalam bentuk apapun, dari yang sudah hasil olahan sampai susu yang benar-benar murni baru keluar dari sapinya. Tinggal dikota penghasil susu tentunya tak susah mencari susu murni yang baru keluar dari sapinya, susu sudah menjadi bagian dalam hidupku, jaman dulu setiap pagi selalu mendapat kiriman satu liter susu segar dari petani susu, jadi pagi-pagi sebelum berangkat sekolah harus rebus susu terlebih dahulu hingga meramunya menjadi susu yang siap di minum dan menyegarkan badan tentunya. Sejak Orde baru berakhir dampak yang paling di timbulkan adalah petani susu di daerah aku semakin menyusut dan cenderung menghilang, itu artinya aku semakin kesulitan mencari si susu segar ini, dengan amat terpaksa aku berpind
  • 4

    Mar

    Bulan Penuh Kasih bersama Yamaha

    10 feb 2013 Menikmati secangkir teh hangat di sore yang cerah di teras depan, kata suami, ” kalau ayah punya rejeki bunda mau motor apa?” tanyanya waktu itu, kontan dengan lantang aku jawab,” Yamaha Xeon“. “Kenapa?” Bagi aku yang tak mengerti banyak soal motor, itu adalah pertanyan tersulit yang harus aku jawab. “Keren yah, dah gitu sekarang keluar yang model baru
  • 21

    Feb

    karena semua bayi yang terlahir ke dunia ini adalah anak kita

    nangis batin sembari mengumpat, melihat foto yg beredar di jejaring sosial, tentang seorang bayi yang masih lengkap dengan ari-ari dan tali pusat yang blm di potong tergeletak di genangan air. duh gusti, apa yang sedang dipikirkan sang ibu ketika dia membuang begitu saja anak yang benar-benar tak berdosa itu. sedang di dekatku seorang teman sedang bekerja keras menghabiskan waktu dan uang demi hadirnya sang buah hati yang di tahun ke 10 blm jg hadir d pernikahannya. satu hari dia memberi kabar, besok kerumah ya, karena besok aku mau akikah anakku, meski penasaran aku tak berani mengemukakan pertanyaan, sedangkan terakhir bertemu dua minggu yang lalu aku tak melihatnya sedang mengandung. rupanya dia tau apa yang aku pikirkan, dengan tulus dia berucap, aku menyelamatkan anak itu ketika empa
  • 17

    Aug

    kemerdekaan masa kini

    17 agustus, yang terbayang di pikiran adalah upacara bendera, dan lomba. jaman sekolah dulu wajib hukumnya jadi peserta upacara, dari pagi hingga menjelang siang, berpanas ria sebagai bentuk rasa patriotisme pada negeri tercinta ini. beragam lomba merakyat disana-sini, masih ingat benar waktu masih di kelas lima SD, ikut lomba di kampung yang di adakan para mahasiswa yang lagi KKN, ikut lomba pukul air dalam plastik dengan mata tertutup, hehehe… bukannya kena sang air, tapi pukulan mendarat di kepala si mahasiswa…. hahaha…. jadi geli ingat waktu i...
  • 7

    Aug

    kasus apa kakus?

    jika ramadan tiba, sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita untuk berebut zakat dari orang-orang yang lebih beruntung. tapi lain halnya dengan bapak-bapak berpangkat ini, mereka lagi pada sibuk memperebutkan kasus. upsss… kasus apa kakus? jadi bingung, kasus kok di buat rebutan, buat apa ya? rupanya bapak-bapak ini lagi pingin di sebut pahlawan, bukannya kasus serupa masih bejibun, kenapa di lupakan? rakyat itu ga butuh siapa yang berjasa menyelesaikan kasus korupsi ini, yang penting, proses, sidang, kasih vonis seberat-beratnya, itu saja kok. kasus hukum di indones...
  • 3

    Aug

    negeri 1000 babu

    katanya, pengiriman tenaga kerja ke malaysia sudah di buka lagi, tetapi bukan lagi sebagai pembantu rumah tangga (PRT), tetapi namanya di ganti menjadi pengasuh bayi, pengasuh orang tua, juru masak, dan tukang cuci. dan katanya pula sudah di buat nota kesepahaman antara indonesia - malaysia, agar majikan tidak menahan paspor, akan tetapi jika ini di langgar belum di bicarakan sangsinya. jika undang-undang dan kesepakatan ada hanya untuk di langgar, buat apa capek2 di buat? jadi trenyuh mendengar berita ini, yang namanya pengasuh bayi, pengasuh orangtua, juru masak dan tukang cuci itu ya babu alias pembantu rumah tangga alias PRT, mau di ganti dengan nama apa saja kalu pekerjaannya sama ya tetap sama. masalahnya bukan namanya di ganti atau tidak yang penting bagaimana cara kita melin
  • 25

    Jul
  • 24

    Jul

    tanya kenapa?

    lagi baca berita ni, sekitar 1000 orang dalam 1 bulan orang medan berobat ke malaysia, pertanyaanya kenapa? jawabnya mudah sistem pelayanan di negeri ini yang membuat orang sakit bertambah sakit. coba kita lihat satu persatu rumah sakit yang berembel-embel negeri di negara kita tercinta ini. sudah menjadi rahasia umum kalau pelayanannya sungguh tak manusiawi dan cenderung sembrono. dari pengalaman pribadi, waktu kakak sakit dan harus di rujuk ke rumah sakit, dalam kondisi sakit, lemas, tak mampu berdiri pula. saat sampai di UGD, dengan enteng sang perawat menjawab ini di UGD sudah tidak ada bed buat menampung lagi, gimana mau di periksa apa engga? gubrak…. tapi tolong di periksa dulu, sela kakak . tak juga bergeming dari duduknya, sementara kakak sudah gemetaran hampir terjatuh. bisa
  • 21

    Jul

    tak berujung

    perdebatan kecil mengawali puasa tahun ini,meski aku masih tak puasa tahun ini ada hal yang membuat aku mengernyitkan dahi sama tingkah suami yang memutuskan untuk memulai puasa lebih cepat dari ketetapan pemerintah. pemerintah menetapkan tanggal 21 juli, sementara suami memulai tanggal 20 juli, ketika aku tanya atas dasar apa, jawabnya enteng, aku punya keyakinan dan kamu juga punya keyakinan. menurutku itu bukan jawaban bijaksana untuk seorang kepala keluarga yang wajib membimbing anak dan istrinya. sebagai seorang mualaf aku tak mengerti dengan jawaban suamiku, dan aku juga tak pernah tau apa yang menjadi dasar sebagai tetapan menentukan hari pertama puasa. belum nanti perdebatan panjang tentang hari lebaran. semua membuat aku bertanya, sebenarnya apa yang menjadi landasan mereka menent
  • 16

    Jul

    amanat ayah

    masih tentang ayah, meski kini tak bersama kami, tapi satu persatu cerita tentang ayah mulai terungkap, sudah 14 tahun sejak kepergian ayah, ternyata ayah bannyak meninggalkan pelajaran berharga bagi kami. semua yang ayah ungkapkan dulu, mulai menjadi kenyataan. ayah sudah mempersiapkan semuanya sebelum semua terjadi, agar kami siap menghadapinya. ayah baktimu bagi putra putrimu sungguh luar biasa. banyak hal yang kami terima darimu. maafkan anak-anakmu ini yang kadang masih belum mengerti dengan segala pesan singkatmu waktu itu. ayah, meski hari ini ayah tak bersama kami, aku yakin restu dan doa ayah selalu menyertai kami. semoga aaka-anakmu ini mampu mengemban semua amanatmu. luv u so much :)
  • 14

    Jul

    bagaikan

    hidup layaknya main video game ngeles kanan ngeles kiri, berlatih agar cepat dalam bengambil setiap keputusan dan selalu siap menerima apapun yang akan terjadi. layaknya mengumpulkan point, berusaha untuk selalu berbuat kebaikan agar mempunyai bekal di waktu tiba nanti. kalah dan menag biasa, kaya dan miskin juga biasa, tergantung bagaimana kita menghadapi setiap masalah dan kesulitan yang siap menghadang setiap saat. saatnya game over, ya refresh lagi dan tetap berjuang agar mendapatkkan hal yang lebih baik. belajar dari setiap kesalahan yang sudah di lakukan sebelumnya, agar kedepannya tak akan terulang lagi. selalu berusaha dan berusaha agar mendapatkan jalan termudah dalam menghadapi setiap masalah. hidup bagai panggung sandiwara, kayak pernah dengar lagu ini kan. ya, banyak orang ya
  • 13

    Jul

    pada ayah

    begadang hingga dini hari selalu aku lakukan hampir tiap hari, hanya untuk berbagi isi hati, agar tak sesak hati ini menampung berjuta inspirasi dan himpitan batin. :( cerita demi cerita tertuang dalam satu tulisan yang aku sebut dengan curhat isi hati, biar semua enteng dan ngga menjadi beban. bisa mengubah gundah hati menjadi satu cerita, sungguh sesuatu, berbagi rasa kangen tentang sosok seorang ayah, membuat hati ini semakin ngilu. membuat rasa kangen ini semakin tak menentu meski hanya lewat doa agar semua kangen ini terobati. mengenang ayah yang sudah lama meninggalkanku membuat aku meneteskan airmata. hanya ingin berbagi, bahwa anakmu kini sudah dewasa, anakmu sudah memberikan cucu untukmu ayah. dan nasehatmu akan selalu menjadi panutan bagi anakmu ini hingga nanti. semoga cucumu i
  • 13

    Jul

    belajar rela.......

    kadang hidup benar-benar memerlukan satu perenungan yang panjang, entahlah…… kadang susah di mengerti dan susah di nalar, seakan semua terjadi dan lewat begitu saja tanpa tau darimana asalnya. :( hemmh… tapi itulah hidup yang selalu memaksa kita untuk tetap menerima apa adanya, dan berharap untuk selalu kuat ditempa setiap cobaan. siapa yang mengira juga jika jalan cerita di mulai sejak kita masih balita, dan kini semua sudah terjadi, tinggal cerita dan sisa-sia penyesalan yang terselip diantara peliknya hidup yang harus d jalani. mengagumi teman waktu masih duduk di bangku SD, ternyata masih menyisakan perih meski semua sudah berlalu terlalu lama. siapa yang salah jika semua terungkap ketika masing-masing sudah dalam posisi yang sulit. hampir 20 tahun, cerita demi cer
  • 10

    Jul

    Sadranan

    Siang tadi ikut nimbrung acara adat yang biasanya dilaksanakan menjelang bulan puasa, sadranan. Sadranan itu dilaksanakan tiap tahun sekali biasanya menjelang bulan puasa. Biasanya acaranya dilakukan di makam, jadi para warga yang mempunyai keluarga dimakamkan di situ berbondong-bondong membawa makanan, biasanya berupa buah-buahan dan makanan kecil, yang kemudian dikumpulkan, kemudian para pemuka agama bergiliran membacakan doa. Senang rasa hati melihat berbagai agama berkumpul dan saling memberi kesempatan dan saling menghormati untuk melakukan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, berasa Indonesia banget, berbeda tetepi tetap satu. Belum jelas kapan pertamakali acara ini di buat, yang jelas ini tradisi sudah turun temurun. Pagi sebelum acara di mulai terlebih dulu dimulai dengan
  • 9

    Jul

    satu jalan dari seribu jalan

    Aku tak pernah lelah melintasi jalan ini, tiap pagi, sore atau kapanpun ketika aku mau pergi. Jalan sempit yang melewati petak-petak rumah, naik turun dan sedikit berbau, meski ada jalan lain di ujung sana. Tapi aku tetap melewati jalan ini. Ada tanya yang belum terjawab disini, dan aku masih menunggu dan mencari jawabnya. Ada sesuatu yang membuat aku terus melewati jalan ini, setiap melewati jalan ini ada satu rasa yang selalu ingin aku rasakan. Berdebar, penasaran,dan sejuta rasa yang sulit aku terjemahkan. Jalan sempit yang tidak banyak ornag melewatinya,karena memang bukan jalan umum. Dijalan sempit ini pertama kali aku melihatnya dengan jelas. Hanya menatap matanya tanpa senyum dan kata, tapi berasa aku sudah mengenalnya bertahun –tahun yang lalu, tapi hingga detik ini aku bel
  • 7

    Jul

    introspeksi diri

    Tujuh juli dua ribu dua belas, tambah satu jumlah angka usiaku, artinya umur jadi berkurang satu angka. hiik… Banyak doa baik mengalir dari sahabat, saudara dan teman. Amin…amin… amin… Semoga Tuhan selalu mendengar setiap doa lirh yang terpanjat dalam tulus. Dari suami tercinta, doa tulus dan kecup di kening, happy b’day bun, sehat slalu dan tambah sayang sama keluarga. Makasih…  Menjadi hari yang penuh dengan instropeksi diri, masih banyak hal yang harus di benahi, masih suka males melakukakan hal2 yang berbau kewajiban sebagai istri dan ibu, maaf ya nak n yah.. Masih suka emosian dan ga sab...
  • 5

    Jul

    jika

    Menulis akan memberikan kita pada pengharapan baru dan kemerdekaan jiwa itu menurutku, tapi setidaknya meluapkan segala gundah gulana, tangis , bahagia, dan isi hati melalui sebebtuk tulisan akan membuat kita banyak menikmati kepuasan dan rasa senang. Menulis tak perlu memikirkan apa yang akan di tulis dan cerita apa yang akan di buat. Mengalir saja seperti air, tak perlu dipikirkan semua akan terasa alami dan ringan, rasanya seperti bernafas, tarik dan hembuskan, begitu dan seterusnya. Menulis akan membawa kita pada situasi yang sulit untuk di ungkapkan , hanya bisa dinikmati dan di rasakan. Satu kata pada dua kata, tiga kata hingga terangkai pada satu kalimat hingga menjadi paragraf dan akan membentuk pada satu cerita yang bisa dinikmati semua orang dan akan membawa kepuasan tersendiri
  • 23

    Jun

    jerman oh jerman

    Hehehe…          :)                                                                                                                                                                                                                      
  • 23

    Jun

    jerman vs yunani

    vs   Jerman tetaplah jerman, hehehe… Pagi ini berharap 3-0 untuk jerman, setuju? :) begadang untuk EURO 2012, sambil menjaga jagoan kecilku, yang sesekali merengek minta ASI, g apalah yang penting aku tetep bisa nonton club kesayangan.. :( Lagi pantengin RCTI ne, sambil kedinginan, ga ada temen pula, suami yang janji nemeni nonton dah kalah duluan. Ah.. tak apalah, semoga menang sesuai prediksi, kata komentator sih 2-1 untuk jerman. Apapun itu, yang jelas jerman menang. Nonton dulu lah.. beritanya tunggu 2 x 45 menit mendatang. Ok… :)
  • 22

    Jun

    dunia wanita

    Lagi marak ne berita di tv, tentang perempuan yang entah sengaja atau tak sengaja merebut lelaki perempuan lain, kok bisa ya? Pagi tadi suami menggerutu, ” kok bisa ya ma, rebut laki-laki orang kok tetep bangga dan ga malu sama sekali”. Ga biasa-biasanya suami peduli dengan hal yang beginian, aku juga tak mengerti. Jaman sekarang orang cenderung lupa dengan rasa malu, ga merasa bersalah atau berdosa ketika menenteng suami orang atau pacar orang, dengan enteng bilang kalo dia cinta, huh… Atau kebakaran jenggot ketika di tinggalkan laki-laki yang katanya suaminya, dan usut punya usut ternyata hanya nikah siri. Bukannya sudah tau segala resiko dan deritanya nikah siri, kenapa ga dipikirkan dulu waktu mau nikah siri mbak, eh.. giliran di tiggal baru bingung cari pengacara bi
  • 21

    Jun

    meski tak secantik rembulan

    Judulnya nyuci di umbul pengging… hihihi… pas nyampe di tempat, glekkk… Ada bocah kira2 umur 13-an, lagi mandi telanjang bulat dan berdiri pula, padahal di situ jelas tempat umum dan banyak cowok lalu lalang. Di sebelahnya ada nenek-nenek yang sedang menggerutu, katanya bikin malu, di suruh pakai baju ga mau dari tadi gangguin aku lagi nyuci… bla..bla… Terbersit dalam pikiran, berarti ini anak memang radda ngga beres, si nenek pergi dengan tetap menggerutu dan mengajak tu anak pulang, tapi reaksinya hanya senyum -senyum. Tambah ilfill, giliran aku nyuci, ne anak tetep aja di situ, mandi telanjang bulat sambil liatin, senyum-senyum, ganggu aku nyuci. Usut punya usut ternyata ne anak memang ga begitu full, kalo bahasa kedokteran mungkin down sindrom atau apalah
  • 30

    May

    akutansi oh akutansi

    menghitung nominal tanpa mata uang, itulah definisi sederhananya. selisih seratus perak saja bisa membuat kita bagai sekian ribu digit angka berasa nempel jadi satu hingga kita susah menguraikannya… hik..hik.. seingatku, waktu di SMA dulu . aku paling g bisa yang namanya mata pelajaran akutansi, berasa rumit dan pening, padahal aku ini dapat kelas IPS, tapi tetep saja tak merubah cara berfikirku tentang akutansi, alasannya satu, aku ga bisa hitung angka, coba kau sodori aku setumpuk uang, kasih aku waktu 5 menit, pasti sudah selesai aku hitung nominalnya. hehehe…. dan sekarang, hidupku bergelut dengan yang namanya akutansi, tiap hari tiap detik tiap jam, tak pernah lepas dari itu. coba bayangkan, dalam satu hari ada ratusan transaksi dan nominalnya bisa ratusan juta, jika aku h
-

Author

@yuliedeny

Follow Me

Search

Recent Post